Minggu, 12 Mei 2013

PERANGKAT KOMPUTER DAN KEGUNAANNYA

Perangkat Komputer dan Kegunaannya
 Pada saat sekarang ini sudah sangat sulit menemukan orang yang belum mengenal komputer. Meski demikian mungkin sebagian besar diantara kita masih ada yang belum mengenal secara detail tentang perangkat komputer dan kegunaan dari masing-masing perangkat tersebut.

Untuk memperkenalkan lebih detail tentang komputer, maka tulisan tentang
perangkat komputer dan kegunaanya ini sengaja ditulis oleh blog Karo Cyber, dan dengan tujuan agar semua orang yang sudah membaca artikel ini dapat kiranya mengenal komputer lebih dalam lagi dan bukan cuma sekedar mengenal dari bentuk fisiknya saja.

Berikut adalah penjelasan detail tentang perangkat komputer dan kegunaanya:

Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian paling utama, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (Hardware). Agar masing-masing kedua perangkat ini lebih detail lagi kita ketahui, maka berikut adalah penjelasannya:


A. Perangkat Lunak (software)

Perangkat lunak atau yang lebih dikenal software adalah suatu perangkat system berbentuk digital yang secara fisik tidak berwujud sentuh, hanya bisa dilihat dalam bentuk tampilan screen dan dirasakan manfaatnya. Bentuknya sendiri meliputi program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Software juga masih di gologngkan dalam 2 bagian yaitu:


1. Sistem operasi (Operating System / OS)

Sistem Operasi merupakan program dasar pada sebuah komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sedangkan menurut American National Standart Institute (ANSI) Operating Sistem adalah: Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.

Adapun jenis Sistem operasi yang dipakai dalam komputer adalah :

a. Sistem Operasi Berbasis Unix
 
 Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.

Unix merupakan sistem operasi tertua di dunia. Sistem operasi ini bahkan telah menjadi dasar pengembangan sistem operasi lain, misalnya System V, BSD, Mac OS, dan Linux.

b. Sistem Operasi Berbasis Windows

QDOS (Quick and Dirty Operating Sistem) merupakan asal usul dari windows. QDOS ditulis oleh Tim Paterson dari Seattle Computer pada tahun 1980. QDOS dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M . QDOS dirancang untuk prosesor intel 8086, Sehingga saat dipasarkan oleh Seatle komputer diberinama 86-DOS. Kemudian Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi. QDOS untuk dikembangkan dan menjualnya lagi ke berbagai perusahaan komputer. Pada tahun 1981 microsoft memberi nama MS-DOS, sedangkan yang jual ke perusahaan komputer IBM diberinama PC-DOS oleh IBM. MS DOS inilah yang terus berkembang hingga menjadi Windows Vista.

c. Sistem Operasi Berbasis Linux

Linux adalah nama yang diberikan sistem komputer bertipe unix Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas terbuka dan sumber utama terbuka. Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric.

Sistem Operasi Berbasis Macintosh

Macintosh Operating Sistem (MAC OS) merupakan sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple . Apple yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan SiliconValley berbasis di Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Macintosh Operating Sistem merupakan OS yang pertama mengunakan sistem GUI (Graphical User Interface). Para pemakai komputer begitu takjub melihat Macintosh yang sangat ramah dalam melayani pemakai komputer. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar- gambar yang ada, maka dengan cepat Macintosh akan mengerjakan tugas sesuai gambar yang ditunjuk.


2. Sistem Aplikasi

Software jenis Sistem aplikasi ini berbeda dengan sistem operating, kalo operating sistem adalah penjembatan antara user (pengguna) dengan perangkat keras komputer (hardware). Sedangkan sistem aplikasi ini lebih pada sarana untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh perangkat lunak aplikasi adalah Program pengolah kata dan lembar kerja, pengolahan data, pembuatan grafik, pemutar multimedia & game, dan programmer.


2. Perangkat Keras (Hardware)

Jika perangkat lunak adalah suatu perangkat system berbentuk digital yang secara fisik tidak berwujud, maka berbeda dengan perangkat keras komputer yang sifatnya berwujud sentuh, bisa dilihat dan dirasakan secara nyata.


Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:

a. Mainboard atau Motherboard

Motherboard merupakan komponen hardware yang paling utama dalam rankaian komputer,  karena Matherboard merupakan induk dimana semua perangkat keras komputer terhubung. Dalam motherboard sendiri terdiri dari sistem BIOS (Basic input output system) yang merupakan energi dasar dalam komputer, pengatur koneksi input-output (chipset), soket prosessor, soket memory (RAM),  soket kartu grafis (VGA card) dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA). 

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda akan membeli motherboard, yaitu jenis soket prosessor, Frekuensi BUS, Jumlah soket SATA dan PCI, Jumlah soket RAM dan yang paling penting adalah reputasi dan kehandalan dari sebuah merk.

b. Processor (CPU)

Prosessor atau Central Processing Unit (CPU) bisa kita gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer. Dalam prosessor inilah dimana semua data di olah dan dikerjakan sesuai instruksi dari user kemudian akan disimpan dalam harddisk.  Dalam prosessor dikenal istilah frekuensi clock, yaitu kecepatan sebuah prosessor untuk mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi Clock dinyatakan dalam Herts (Hz).

Contoh sebuah prosessor intel pentium 4 dengan frekuensi clock 2 Ghz mampu mengerjakan 2 milyar perintah dalam satu detik. Dalam menyebut sebuah prosessor biasanya sudah termasuk frekuensi clocknya, contoh : intel pentium4 2.0 GHz.

Merk prosessor yang terkenal adalah INTEL dan AMD. INTEL adalah pabrik prosessor besar yang berasal dari California USA. INTEL semakin populer setelah memproduksi prosessor INTEL PENTIUM. Selain INTEL kini ada AMD yang konon lebih bagus dalam mode grafis jadi cocok untuk para Gamer & Designer.

c. Harddisk (HDD)

Harddisk adalah media penyimpanan data permanen, jadi data tidak hilang meskipun listrik sudah dimatikan. Harddisk berisi sebuah cakram magnetik yang mampu menyimpan data. Ukuran harddisk dinyatakan dalam Byte (B), contoh: 160GB (160 milyar byte). Harddisk ditemukan  pertama kali oleh Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama berukuran 4.4 MB.

Sekarang dikenal dua macam harddisk yaitu ATA dan SATA (Serial ATA). Harddisk ATA mempunyai koneksi 40 pin dan Harddisk SATA hanya mempunyai koneksi 6 pin. Harddisk SATA lebih cepat dari Harddisk ATA, namun jika motherboardnya tidak mendukung koneksi SATA maka kita tidak bisa menggunakan harddisk SATA. Sekarang ukuran Harddisk sudah sangat besar, seperti 500GB, 750GB, dan 1000GB (1 TB – Terra Byte).

Merk Harddisk yang terkenal adalah Seagate, West Digital, Maxtor, Samsung, dll. Harga hardisk tergantung dari kapasitas penyimpanan data sebuah harddisk, makin besar semakin mahal.

d. RAM (Random Access Memory)

RAM adalah unit penyimpan data tidak permanen artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Ukuran data RAM dinyatakan dengan Byte (B) dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi dalam RAM tidak cuma data saja, namun ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard. Contoh: RAM 512MB PC667 mempunyai ukuran data 512MB dengan kecepatan akses 667 MHz.

Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Harddisk diibaratkan dengan lemari arsip. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan. Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari arsip.

Perkembangan ram di gambarkan dalam jenis ram itu sendiri. Jenis-jenir ram adalah:
  • Static RAM (SRAM)
  • Non Nolatile RAM (NV-RAM)
  • Dynamic RAM (DRAM)
  • Syncronous DRAM (SDRAM)
  • DDR RAM (Dual data rate RAM)
  • DDR II RAM (DDR generasi kedua)
  • DDR III RAM (DDR generasi ketiga)
 e. Optical drive (CD / DVD)

Optical Drive adalah alat pembaca untuk media penyimpan data berupa Cakram Optik DVD / CD. Ada dua jenis DVD atau CD :

DVD atau CD ROM (Read Only Memory) yaitu hanya bisa membaca isi dari disk DVD / CD. Sedangkan DVD atau CD RAM (Random Access Memory) yaitu bisa membaca dan menulis atau lebih umum bisa memcopy (backup). DVD atau CD RAM lebih dikenal dengan istilah DVD-RW atau CD-RW (Read Write)

f. Floppy Disk Drive

Floppy Disk atau yg lebih kita kenal dengan nama Diskcard (orang Indonesia bilang disket) adalah sebuah media untuk penyimpanan data. Hampir sama dengan hardisk, bedanya adalah kapasitas disket yang sangat terbatas dan disket memiliki kelebihan bisa di bawa kemanapun alias portable. Hardisk merupakan cikal bakal terciptanya Flashdisk yang sekarang ini sudah banyak dipakai.

Komponen disket adalah sebuah cakram dari plastik magnetik yang akan merekam data ke dalam pita tersebut. Ukuran kapasitas disket sudah distandarkan yaitu.

Untuk membaca isi disket maka diperlukan Flopy Disk Drive sebagai mediatornya. Dalam struktur drive pada microsoft windows, disket selalu menempati drive terhormat yaitu drive A.

g. VGA Card (Kartu Grafis)

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. VGA Card berfungsi mengeluarkan output grafis (gambar) untuk ditampilkan pada monitor. Ukuran VGA Card ditentukan dari ukuran RAM nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus gambar yang dihasilkan.
Perkembangan VGA Card dari waktu ke waktu :

- VGA Card PCI (Peripheral Component Interconect)
- VGA Card AGP (Accelerator Graphics Processor)
- VGA Card PCI-E (PCI Express)

h. Sound Card

Sound Card adalah bagian yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara. Dengan penemuan soundcard maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi makin meluas.
Sound Card yang baik mampu menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli / Hi Fi (High Fidelity)

i. Keyboard

Keyboard adalah sebuah papan ketik yang berisi semua model huruf, angka, karakter dan tanda baca yang menjadi sarana bagi pengguna komputer dalam memasukkan data ke komputer.

Tombol tombol pada keyboard mengikuti model tombol pada mesin ketik manual. Tombol keyboard yang paling terkenal adalah tombol ENTER, tombol ini adalah tombol untuk memasukkan data setelah diketik.

j. Mouse (Pointing Device)
Sesuai namanya Mouse (tikus)  adalah sebuah alat pointer untuk mengakses data. Bentuknya yang kecil dan cara kerjanya yang lincah (bisa meloncati baris dan page) menggambarkan nama dari perangkat keras tersebut. 

Dengan mouse maka penggunaan komputer menjadi lebih interaktif dan Menggambar melalui komputer menjadi semakin mudah.

k. Monitor

Monitor adalah media tampilan gambar haril output dari VGA Cards. Dahulu monitor komputer dimulai dengan monitor tabung hitam-putih, monitor warna CGA, VGA, dan SVGA. Namun kini monitor yang sedang populer adalah monitor LCD. Keunggulan monitor LCDadlaah: bentuknya yang tipis, hemat listrik dan tingkat radiasi yang rendah.

l. Printer

Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer kedalam media kertas. Jenisnya terbagi dalam 3 sistem yaitu sistem dot matrik dimana pencetakan dikerjakan dengan media pita dan jarum, tinta dan laserjet yang menggunakan serbuk kering dan dipanaskan pada fuser.

Dahulu printer hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen teks dan hanya bisa 1 warna (monocrhrom), tapi kini printer sudah bisa untuk mencetak foto/gambar full color.

0 komentar:

Poskan Komentar